header-int

KUKERTA Ke-XXIV UMB, LPPM Rilis Nama DPL, Lokasi dan Posko

Senin, 29 Jan 2024, 00:45:56 WIB - 123 View
Share
KUKERTA Ke-XXIV UMB, LPPM Rilis Nama DPL, Lokasi dan Posko

Bungo, UniversitasMuaraBungo.ac.id-Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat Universitas Muara Bungo (LPPM UMB) melakukan rapat internal bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dalam persiapan pembekalan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Senin, (15/01/2024).

Rapat internal LPPM ini dilakukan di Aula Rektorat dan dihadiri Kepala LPPM, Dr. Syafrialdi, M.Si, Kepala Bidang Pengabdian, Dedi Epriadi, S.Sos.,M.Si dan Bela Putra.

Rapat ini merupakan koordinasi antara LPPM dengan DPL untuk membahas persiapan pembekalan kepada Mahasiswa yang mengikuti Kukerta tahun ini.

Ketua Panitia Kukerta Ke-XXIV 2024, Dedi Epriadi ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa rapat yang dilakukan ini merupakan persiapan untuk pembekalan Kukerta, pembagian kelompok dan penentuan posko.

“Ya, hari ini kita LPPM yang merupakan pelaksana program Kukerta tahun ini telah melakukan rapat koordinasi antar DPL. Dalam rapat ini kita membahas persiapan pembekalan Kukerta, pembagian kelompok dan penentuan posko”, Kata Dedi Epriadi.

Dedi Epriadi menjelaskan bahwa hari ini semua telah disepakati penempatan para DPL dalam kelompok Kukerta di beberapa Desa/Dusun.

“Semua sudah clear, dari daftar DPL, kelompok dan poskonya. Semua ada 12 DPL, 12 Kelompok dan 12 Desa/Dusun. Tinggal kita melakukan pembekalan besok Selasa 16 Januari 2024, lalu ada persiapan selama kurang lebih seminggu untuk peninjauan lokasi oleh DPL bersama kelompok sampai pada pelepasan ada tanggal 24 Januari 2024”, Jelasnya.

Berikut daftar nama DPL, Posko dan Tempat yang telah ditetapkan dan di publish LPPM melalui Ketua Panitia Dedi Epriadi, diantaranya:

Posko 1, Dusun Senamat, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo. Dr. Nirmala Sari, SH.,MH

Posko 2, Dusun Muaro Buat, Kecamatan Bathin III Ulu, Bungo. Mario Agusta,SH.,MH

Posko 3, Dusun Senamat Ulu, Kecamatan Bathin III Ulu, Bungo. Mohd. Yusuf Amrullah, S.Pi.,M.Si.

Posko 4, Dusun Purwo Sari, Kecamatan Jujuhan Ilir, Bungo. Ronal Dison, S.IP.,MH

Posko 5, Dusun Lingga Kuamang, Kecamatan Pelepat Ilir, Bungo. Acep Sopandi, SP.,M.Si.

Posko 6, Dusun Rantau Tipu, Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Bungo. Mulia Jaya., S.IP.,M.Si.

Posko 7, Dusun Pemunyian, Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Bungo. Dedi Epriadi, S.Sos.,M.Si.

Posko 8, Dusun Bukit Sari, Kecamatan Jujuhan Ilir, Bungo. Amran, SE.,MM

Posko 9, Dusun Pulung Rejo, Kecamatan Rimbo Ilir, Tebo. Dr. Misra Yeni, SE.,MM.

Posko 10, Dusun Damai Makmur, Kecamatan Rimbo Ulu, Tebo. Devit Rahmawati, ST.,MT.

Posko 11, Dusun Perintis, Kecamatan Rimbo Bujang, Tebo. Isman, SE.,M.Si.

Posko 12, Dusun Teluk Kayu Putih, Kecamatan VII Koto, Tebo. Evo Afrianto, SP.,M.Si.

Dari daftar yang ditetapkan LPPM diatas, nama-nama DPL tersebut merupakan dosen yang berbeda dari pelaksanaan Kukerta tahun 2023 lalu. Begitupun tempat dan lokasi Kukerta, Desa-Desa yang ditentukan berbeda dari tahun lalu.

Lebih lanjut Ketua Panitia mengungkapkan bahwa teknis dan konsep pelaksanaan Kukerta UMB XXIV ini telah disampaikan kepada DPL pada rapat koordinasi antara LPPM.

“Untuk teknis dan konsep pelaksanaan Kukerta tahun ini telah kita jelaskan kepada seluruh DPL, seperti tugas pokok dan fungsi DPL selama 45 hari Kukerta berlangsung”, Terang Dedi.

Selain itu juga, Ketua Panitia juga menyampaikan akan ada rencana kerjasama dari LPPM melalui DPL kepada desa yang menjadi sasaran Kukerta UMB Ke-XXIV tahun ini. Kerjasama Perguruan Tinggi dengan Desa-Desa ini menurut LPPM merupakan program strategis dan menjadi momentum untuk melakukan pengabdian dosen UMB berikutnya. (HBS)

UMB Perubahan bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Muara Bungo menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Bungo yang diprakarsai oleh Bupati Bungo Bapak H. Zulfikar Achmad untuk mencapai masyarakat sejahtera, adil dan makmur lahir bathin dengan upaya menanggulangi krisis bidang ekonomi, politik, hukum, agama dan sosial budaya. Universitas Muara Bungo dipersiapkan menjadi Perguruan Tinggi untuk mengantisipasi pergeseran paradigma pengembangan yang semula berbasis inti (Content-Bases) menjadi berbasis kompetensi (Competence-Bases) dengan menitikberatkan terwujudnya sinergi dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap, sehingga pada akhirnya lulusan Universitas Muara Bungo memiliki kompetensi kepribadian dan kompetensi profesi.
© 2024 Universitas Muara Bungo Follow Universitas Muara Bungo : Facebook ig Linked Youtube